Rangkaian Nama Bayi Perempuan Islam Dalam Al Quran Beserta Artinya - Nama Arab
Loading...

Rangkaian Nama Bayi Perempuan Islam Dalam Al Quran Beserta Artinya

Loading...
Loading...
Rangkaian Nama Bayi Perempuan Islam Dalam Al Quran Beserta Artinya. Al Quran adalah kitab suci ummat Islam. Al Quran menjadi inspirasi, motivasi dan petunjuk bagi ummat muslim maupun ummat manusia. Oleh sebab itu, banyak orang tua terinspirasi dengan Al quran sehingga, kadang memberikan nama anak mereka dengan merujuk kepada Alquran. Anda pun bisa merujuk kepada nama-nama bayi perempuan dalam Alquran.

Kelahiran bayi perempuan adalah kado indah bagi kedua orang tua. Rasa syukur itu akan semakin lengkap dengan memberikan nama islami kepada anak perempuan, sebagai wujud harapan dan doa untuk kebaikan sang anak.

Alquran itu berbahasa arab. Tentunya, tidak semua kata di dalam Alquran memiliki arti baik. Semisalnya, kata Annar (neraka), Lahab (Abu Lahab), Jahannam, dan tentunya banyak lagi yang lain. Maka, sebagai orang tua untuk memberikan nama-nama bayi perempuan dalam Alquran setidaknya mengerti arti atau maknanya.

Nama Nama Bayi Perempuan Dalam Alquran

rangkaian nama bayi perempuan islam dalam al quran

Rangkaian nama bayi perempuan yang baik biasanya diambil dari asmaul husna, tokoh wanita dalam Al-quran atau dari kosa-kata Al-quran. Berikut nama-nama bayi perempuan dalam Al-quran.

Nama-nama bayi perempuan dalam Alquran ini kami lengkapi dengan satu contoh sumber ayat Alquran yang menyebutkan nama tersebut.

1. Adha memiliki arti lebih dahsyat


Surat Al-Qamar Ayat 46
Sebenarnya hari kiamat itulah hari yang dijanjikan kepada mereka dan kiamat itu lebih dahsyat dan lebih pahit.
Baca juga: nama-bayi-perempuan-islami-4-suku-kata
2. Aliyah memiliki arti tinggi

Aliyah Dzatil Himmah (arti nama bayi perempuan islami) Perempuan mulia dengan kemauan kuat.
Surat Al Haqaah ayat 22
"...dalam surga yang tinggi".

3. Aqibah memiliki arti akibat, konsekuensi

Surat Thaha Ayat 132
Dan perintahkanlah kepada keluargamu mendirikan salat dan bersabarlah kamu dalam mengerjakannya. Kami tidak meminta rezeki kepadamu, Kami lah yang memberi rezeki kepadamu. Dan akibat (yang baik) itu adalah bagi orang yang bertakwa.

4. Asma memiliki arti nama-nama

Surat Thaha ayat 8
Dialah Allah, tidak ada Ilah (yang berhak disembah), melainkan Dia. Dia mempunyai al-asmaa-ul husna (nama-nama yang baik).

3. Daniyah memiliki arti dekat

Surat Al-Insaan ayat 14
"Dan naungan (pohon-pohon surga itu) dekat di atas mereka, dan buahnya dimudahkan memetiknya semudah-mudahnya."

4. Hasanah memiliki arti amal kebaikan

Surat An-Naml Ayat 89
Barangsiapa yang membawa kebaikan, maka ia memperoleh (balasan) yang lebih baik dari padanya, sedang mereka itu adalah orang-orang yang aman tenteram dari pada kejutan yang dahsyat pada hari itu.

5. Hilyah memiliki arti perhiasan

Surat An-Nahl Ayat 14
Dan Dialah, Allah yang menundukkan lautan (untukmu), agar kamu dapat memakan daripadanya daging yang segar (ikan), dan kamu mengeluarkan dari lautan itu perhiasan yang kamu pakai;

6. Husna memiliki arti yang terbaik, amal baik, indah

Surat Yunus Ayat 26
Bagi orang-orang yang berbuat baik, ada pahala yang terbaik (surga) dan tambahannya. Dan muka mereka tidak ditutupi debu hitam dan tidak (pula) kehinaan. Mereka itulah penghuni surga, mereka kekal di dalamnya.

7. Izzah memiliki arti Kehormatan, harga diri, kemuliaan dan martabat

Alifah Dzatil Izzah (arti nama bayi perempuan islami) lembut, baik hati dan mulia.
Surat Fatir Ayat 10
Barangsiapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allah-lah kemuliaan itu semuanya.

8. Jannah memiliki arti surga

Abidah Nurul Jannah (arti nama bayi perempuan islami) Perempuan ahli ibadah yg selalu bercahaya dan memancarkan keindahan surga.
Surat Ar-Ra’d Ayat 35
Perumpamaan surga yang dijanjikan kepada orang-orang yang takwa ialah (seperti taman); mengalir sungai-sungai di dalamnya; buahnya tak henti-henti sedang naungannya (demikian pula). Itulah tempat kesudahan bagi orang-orang yang bertakwa, sedang tempat kesudahan bagi orang-orang kafir ialah neraka.

9. Kamilah memiliki arti sempurna

Durrotul Hikmah Kamilah (arti nama bayi perempuan islami) Perempuan bernilai tinggi yg memiliki ilmu pengetahuan sempurna.
Surat Al-Baqarah Ayat 196
"....Itulah sepuluh (hari) yang sempurna".

10. Khalisah  memiliki arti Khusus, mulia, segar, murni

Surat Al-A’raf Ayat 32
....Katakanlah: "Semuanya itu (disediakan) bagi orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia, khusus (untuk mereka saja) di hari kiamat"...."

11. Lailah memiliki arti malam

Dhiya Lailah Badriyyah (arti nama bayi perempuan islami) Perempuan yg bersinar seperti malam bulan purnama.
Surat Ad-Dukhan Ayat 3
sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yang diberkahi dan sesungguhnya Kami-lah yang memberi peringatan.

12. Maisarah memiliki arti kelapangan, kurangnya kesulitan

Annisa Himami Maisarah (arti nama bayi perempuan islami) Perempuan yg punya cita-cita tinggi serta berusaha menempuhnya.
Surat Al-Baqarah Ayat 280
Dan jika (orang yang berhutang itu) dalam kesukaran, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan. Dan menyedekahkan (sebagian atau semua utang) itu, lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui.

13. Marhamah memiliki arti rahmat, kasih sayang

Surat Al-Balad Ayat 17
Dan dia (tidak pula) termasuk orang-orang yang beriman dan saling berpesan untuk bersabar dan saling berpesan untuk berkasih sayang.

14. Marwah memiliki arti nama tempat di Makkah

Surat Al-Baqarah Ayat 158
Sesungguhnya Shafaa dan Marwa adalah sebahagian dari syi'ar Allah.

15. Maryam memiliki arti ibunda nabi Isa as

Surat Al-Hadid Ayat 27
"Kemudian Kami iringi di belakang mereka dengan rasul-rasul Kami dan Kami iringi (pula) dengan Isa putra Maryam; dan Kami berikan kepadanya Injil dan Kami jadikan dalam hati orang-orang yang mengikutinya rasa santun dan kasih sayang..."

16. Mahya memiliki arti hidup, kehidupan

Surat Al-An'am Ayat 162
Katakanlah: sesungguhnya sembahyangku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam.

17. Mutmainnah memiliki arti tenang, kedamaian

Surat Al-Fajr Ayat 27
Hai jiwa yang tenang.

18. Nafilah memiliki arti tambahan, anugerah

Surat Al-Anbiya Ayat 72
Dan Kami telah memberikan kepada-nya (Ibrahim) lshak dan Ya'qub, sebagai suatu anugerah (daripada Kami). Dan masing-masingnya Kami jadikan orang-orang yang saleh

19. Ni'mah memiliki arti (nikmat, pemberian)

Surat Fatir Ayat 3
Hai manusia, ingatlah akan nikmat Allah kepadamu. Adakah pencipta selain Allah yang dapat memberikan rezeki kepada kamu dari langit dan bumi? Tidak ada Tuhan selain Dia; maka mengapakah kamu berpaling (dari ketauhidan)?

20. Maghfirah memiliki arti ampunan

Surat Al-Mulk ayat 12
Sesungguhnya orang-orang yang takut kepada Tuhannya yang tidak terlihat oleh mereka, mereka memperoleh ampunan dan pahala yang besar.

21. Mawaddah memiliki arti rasa kasih

Surat Ar-Rum Ayat 21
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya diantaramu rasa kasih dan sayang.

22. Marfuah memiliki arti Tinggi, luhur

Surat Abasa ayat 14
"yang ditinggikan, lagi disucikan,"

23. Mu'minah memiliki arti perempuan beriman

Surat Nuh Ayat 28
Ya Tuhanku! Ampunilah aku, ibu bapakku, orang yang masuk ke rumahku dengan beriman dan semua orang yang beriman laki-laki dan perempuan (beriman). Dan janganlah Engkau tambahkan bagi orang-orang yang zalim itu selain kebinasaan".

24. Musfirah memiliki arti berseri-seri

Surat ‘Abasa ayat 38
Banyak muka pada hari itu berseri-seri,

25. Najwa memiliki arti Bisikan, percakapan pribadi

Surat Al-Mujaadilah ayat 7
Tidakkan kamu perhatikan, bahwa sesungguhnya Allah mengetahui apa yang ada di langit, dan apa yang ada di bumi. Tiada pembicaraan rahasia antara tiga orang, melainkan Dia-lah yang ke empatnya...."

26. Qanitat/ Qanita memiliki arti taat, orang salehah
Surat Al-Ahzab Ayat 35
Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang mukmin, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya,...
27. Radiyah memiliki arti puas, ridha

Surat al-Fajr ayat 28
kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai

28. Rahma memiliki arti kasih sayang, rahma

Amani Rahmah Mudrikah (arti nama bayi perempuan islami) Perempuan pangasih yg mempunyai keinginan tinggi dan dapat memahami pemberian Tuhan.
Surat Yunus Ayat 57
Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.

29. Salwa memiliki arti burung yang jatuh kepada mereka, lalu mereka mengambilnya sesuai dengan kebutuhan mereka sampai esok hari, sebagai salah satu bentuk ketembutan dan rahmat Allah sekaligus kebaikan kepada mereka (Bani Israil)

Surat Thaha ayat 80
"...dan Kami telah menurunkan kepada kamu manna dan salwa."

30. Syifah memiliki arti penyembuh

Surat Yunus Ayat 57
Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman.

31. Shalihah memiliki arti wanita shalihah

Surat Al-Baqarah Ayat 277
Sesungguhnya orang-orang yang beriman, mengerjakan amal saleh, mendirikan shalat dan menunaikan zakat, mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

32. Sakinah memiliki arti ketenangan

Dhiya Sakina Khofiyullah (arti nama bayi perempuan islami) Perempuan yg memiliki hati tentram dan bisa menerangi kerahasiaan Allah.
Surat Al-Fath Ayat 4
Dialah yang telah menurunkan ketenangan ke dalam hati orang-orang mukmin supaya keimanan mereka bertambah di samping keimanan mereka (yang telah ada).

33. Uswah memiliki arti panutan, contoh, teladan

Surat Al-Ahzab Ayat 21
Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

34. Wahidah memiliki arti Esa, tunggal, satu

Surat Luqman ayat 28
Tidaklah Allah menciptakan dan membangkitkan kamu (dari dalam kubur) itu, melainkan hanyalah seperti (menciptakan dan membangkitkan) satu jiwa saja. Sesungguhnya, Allah Maha Mendengar, lagi Maha Melihat.

35. Zahra memiliki arti bunga

Atikah Zahra Ratifah (arti nama bayi perempuan islami) Berakhlak Baik, Pemurah dan Berseri-seri
Surat Thaha ayat 131
Dan janganlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka, sebagai bunga kehidupan dunia untuk Kami cobai mereka dengannya.  Dan karunia Tuhan kamu adalah lebih baik dan lebih kekal.

36. Zakiyah memiliki arti murni, bersih

Aufa Nida Zakiyya (arti nama bayi perempuan islami) yang setia pada kebaikan dan menjaga kesucian.
Surat Al-Kahf Ayat 74
Maka berjalanlah keduanya; hingga tatkala keduanya berjumpa dengan seorang anak, maka Khidhr membunuhnya. Musa berkata: "Mengapa kamu membunuh jiwa yang bersih, bukan karena dia membunuh orang lain? Sesungguhnya kamu telah melakukan suatu yang mungkar".

37. Zulfa memiliki arti dekat

Athirah Zulfa Sakinah (arti nama bayi perempuan islami) Perempuan yg harum kepribadiannya dan dekat dengan ketentraman.
Surat Sad Ayat 25
Maka Kami ampuni baginya kesalahannya itu. Dan sesungguhnya dia mempunyai kedudukan dekat pada sisi Kami dan tempat kembali yang baik.

38. Zhilal memiliki arti tempat bernaung

Surat An-Nahl Ayat 81
"Dan Allah menjadikan bagimu tempat bernaung dari apa yang telah Dia ciptakan, dan Dia jadikan bagimu tempat-tempat tinggal di gunung-gunung, dan Dia jadikan bagimu pakaian yang memeliharamu dari panas dan pakaian (baju besi) yang memelihara kamu dalam peperangan. .."

Daftar nama-nama bayi perempuan dalam Al-Qur’an

Banyak terdapat nama-nama bayi perempuan dalam Al-Qur’anyang bisa diberikan kepada bayi yang baru lahir. Setiap namanya memiliki arti yang indah dan baik. Di antara banyaknya nama-nama baik yang ada di dalam Al-Qur’an, di antaranya:

Abidah : Ahli ibadah
Aaminah : Dapat dipercaya
Adriana : Nisbah
Bilqis : Permaisuri Sheba
Burdah : Mantel
Daniah : Buah yang mudah dipetik
Dzikra : Ingatan
Dainah : Kekayaan yang tersembunyi
Dina : Agama
Dhaifah : Tamu wnaita
Dhamrah : Halus kulitnya
Dinar : Uang mas
Fahimah : Memahami
Fakhrani : Nisbah
Farah : Kesenangan
Fataniah : Bijak
Fega : Bintang Jauh
Fildzah : Belahan hati
Fitriyah : Fitrah kemanusiaan
Ghaziyah : Mampu menaklukkan hati karena kecantikan yang dimilikinya
Habibah : Kekasih
Halwa : Manisan
Inayah : Perlindungan
Ikbar : Mengagumkan
Iffah : Tahu harga diri
Izzati : Kemuliaanku
Jahizah : Dilengkapi
Jamilah : Cantik
Kasibah : Beruntung
Laila : Malam yang gelap
Itulah tadi beberapa rangkaian nama bayi perempuan islam dalam al quran dan artinya lengkap.
Baca juga: nama-bayi-perempuan-islami-2-kata
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rangkaian Nama Bayi Perempuan Islam Dalam Al Quran Beserta Artinya"

Post a Comment