Nama Bayi Islam Modern, Unik dan Keren Lengkap Artinya - Nama Arab
Loading...

Nama Bayi Islam Modern, Unik dan Keren Lengkap Artinya

Loading...
Loading...
Nama Bayi Islam Modern, Unik dan Keren Lengkap Artinya. Kompilasi terbaik rangkaian nama bayi perempuan islami modern dan artinya yang bisa menjadi acuan untuk memilih nama perempuan yang indah dan sesuai keinginan untuk calon buah hati anda. Nama bayi perempuan islami berikut dibuat dari berbagai bahasa seperti bahasa modern seperti inggris, latin, sansekerta dan yunani, kemudian dikombinasikan dengan kata kata bahasa arab islami yang menghasilkan rangkaian nama 2 suku kata dan 3 suku kata yang cantik bernuansa modern namun dengan arti religi yang sangat cocok menjadi pilihan para orangtua.

Silahkan disimak bersama, semoga kumpulan rangkaian nama bayi perempuan islami modern dan artinya yang ada pada halaman ini bisa bermanfaat dan menjadi ide kreatif terbaik dalam mencari nama bayi perempuan islami terbaik yang pas untuk calon buah hati tercinta. Jangan lupa untuk melihat juga kumpulan nama bayi modern perempuan yang sudah diposkan sebelumnya sebagai referensi nama bayi lainnya lainnya.

Rangkaian Nama Bayi Perempuan Islam Modern dan Artinya

nama bayi islam modern

1. Anindita Keisha Zahra = Seorang putri yang tanpa kekurangan dan tanpa cacat dan memiliki akhlak seperti putri Rasulullah SAW.
Anindita : Seorang yang tanpa kekurangan dan tanpa cacat (Jawa)
Keisha : Putri
Zahra : Nama Salah Satu Putri Rasulullah SAW (Arab)

2. Anindya Fauziah = Kemenangan yang sempurna
Anindya = Sempurna (Jawa)
Fauziah = Kemenangan (Arab)

3. Aniq Cahya Dewi = Wanita yang bersinar, cantik dan mungil
Aniq = Cantik dan mungil (Arab)
Cahya Dewi = Wanita yang bersinar (Jawa)

4. Adiba Shakila Atmarini = Perempuan cantik rupawan yang berpengetahuan dan memiliki ketajaman hidup
Adiba = Beradab, berpengetahuan
Shakila = Cantik rupawan
Atmarini = Ketajaman hidup

5. Ainuha Suraiya = Wanita bermata terang laksana bintang
Ainuha = Matanya
Suraiya = Bintang

6. Aisha Syifa Aalinarrohman = Aisha si obat penerang kedua orang tuanya dan juga penyayang
Aisha : Nama istri Nabi Muhammad
Syifa : Obat
Aalinarrohman/Alina, Aalina : 1) Terang (Sansekerta) 2) Mulia (Arab) + Rohman : 1) Nama belakang ayahnya 2) Penyayang

7. Aisya Faiha = Istri Nabi yang banyak kelebihannya
Aisya = Istri Nabi (Arab)
Faiha = Banyak kelebihan (Arab)

8. Aisyah Aila Varisha
Aisyah : Istri Rasulullah SAW yang punya sifat ramah, pandai & baik
Aila : 1) Keteguhan, kebijaksanaan, pengaruh dan kekuasaan (Indonesia) 2) Pohon oak (Inggris-Amerika) 3) Pembuka cahaya (Arab)
Varisha : Mulia

9. Adibah Abqariah = Wanita beradab yang cerdas
Adibah = Beradab
Abqariah = Berilmu; cerdas

10. Adibah Asilah = Wanita beradad yang halus budi pekertinya
Adibah = Beradab
Asilah = Halus budi pekerti

11. Adibah Saidah = Wanita beradab yang penuh kebahagiaan
Adibah = Beradab
Saidah = Kebahagiaan

12. Adibah Ufairah = Perempuan yang beradab dan pemberani
Adibah = Beradab
Ufairah = Berani

13. Adila Nisa Ardani = Perempuan yang memiliki rasa adil dan suci
Adila = Pantas, tepat, adil
Nisa = Perempuan
Ardani = Suci

14. Adilah Anisah = Wanita adil yang ramah dalam pergaulan
Adilah = Adil
Anisah = Ramah dalam pergaulan; teman

15. Abidah Bassamah = Wanita yang tekun beribadah dan murah senyum
Abidah = Tekun beribadah
Bassamah = Selalu tersenyum

16. Adawiyatul Rahmah = Wanita Adawiyah (perempuan sufi) yang penuh kasih sayang kepada sesama
Adawiyatul = Adawiyah (nama tokokh sufi)
Al-Rahmah = Kasih sayang

17. Adeeva Afsheen Myesha = Karunia kehidupan yang bersinar seperti bintang di langit yang menyenangkan
Adeeva, Adiva : 1) Menyenangkan, sedap, lemah lembut (Arab) 2) Sopan santun, baik budi (Hebrew)
Afsheen : Bersinar seperti bintang di langit (Arab)
Myesha, Myisha, Myeisha, Myeshia, Myiesha, Myeasha, Mysha : 1) Lincah, bersemangat, seperti wanita (Arab) 2) Karunia kehidupan

18. Adiba Shakila Atmarini = Perempuan cantik rupawan yang berpengetahuan dan memiliki ketajaman hidup
Adiba = Beradab, berpengetahuan
Shakila = Cantik rupawan
Atmarini = Ketajaman hidup

19. Adira Azzahra = Seorang mulia yang memiliki kekuatan besar yang sangat baik dan cerdas
Adira, Adirah, Adeera, Adyra, Adeerah, Adyrah, Adeira, Adeirah, Adiera : Seorang mulia yang memiliki kekuatan besar (Hebrew / Arabic)
Azzahra : Sangat baik & cerdas

20. Adonia Najma Orlin = Perempuan yang cantik bak bintang yang berkilau kemasan
Adonia = Cantik
Najma = Bintang
Orlin = Berkilau keemasan

21. Adonia Najma Orlin = Perempuan yang cantik bak bintang yang berkilau kemasan
Adonia = Cantik
Najma = Bintang
Orlin = Berkilau keemasan

22. Adresia Hayatul Hikam = Perempuan yang dapat membaca dan menyikapi fenomena kehidupan dengan bijaksana
Adresia = Tanda, fenomena
Hayatul = Hidup
Hikam = Bijaksana, adil

23. Afanin Huriyah Huwaida = Perempuan bagai bidadari surga yang lembut ibarat daun yang lembut
Afanin = Daun yang lembut
Huriyah = Bidadari surga
Huwaida = lemah lembut

24. Afifa Nahda Rafanda = Wanita santun yang menjaga kesuciannya sehingga menjadi wanita (orang) mulia
Afifa, Afifah : Suci, murni, yang mensucikan diri, yang baik (Arab)
Nahda : Mulia
Rafanda/Rafa : 1) Makmur, kaya, senang, keberuntungan, kebahagiaan, kemakmuran (Arab) 2) Jalan penghidupan yang tentram, merdeka, bahagia dan sempurna (Indonesia) 3) Wanita santun

25. Afifah Adawiyah = Wanita Adawiyah (wanita sufi) yang punya harga diri
Afifah = Memiliki harga diri
Adawiyah = Nama seorang wanita sufi

Rangkaian Nama Bayi Laki Laki Islam Modern dan Artinya

1. Moez
Jika ingin mencari nama bayi laki laki Islam dalam Alquran, sebenarnya ada beberapa yang terlihat indah dan memiliki makna yang baik. Namun, sayangnya tidak banyak yang tetap bisa terlihat modern, unik, dan keren.

Salah satu nama bayi laki laki Islam modern yang bisa Anda gunakan adalah Moez (مُعِزّ). Sapaan yang berasal dari akar kata ain-z-z ini merupakan variasi penulisan dari Aziz, yang memiliki makna kuat dan penuh tenaga.

Sementara Moez sendiri memiliki makna kehormatan atau kemuliaan. Sehingga menyematkan nama ini untuk putra Anda bisa menjadikan sebuah harapan ia akan tumbuh menjadi seseorang yang selalu mendapatkan kehormatan, kemuliaan, dan juga kekuatan. Sebuah doa yang sangat indah dari nama yang unik dan modern.

2. Kanz
Anda mungkin pernah mendengar nama Khanza yang memiliki makna harta karun, cerdas, dan bijaksana. Sayangnya nama tersebut lebih banyak digunakan sebagai panggilan untuk anak perempuan dan kurang cocok digunakan untuk anak laki-laki. Tetapi tahukah Anda kalau nama tersebut ternyata memiliki variasi penulisan untuk anak laki-laki?

Adalah Kanz (كَنْز), yang berasal dari akar kata yang sama seperti arti nama Khanza, yaitu k-n-z. Kata yang disebutkan tujuh kali di Alquran ini pun juga memiliki makna yang sama seperti Khanza.

Sebagai bentuk alternatif penulisan, Anda bahkan bisa menggunakan Canz, Kenz, ataupun Kanze. Variasi manapun yang Anda gunakan, semuanya memiliki makna yang sama dan bila digunakan sebagai nama si kecil harapannya ia akan menjadi seseorang yang berharga bagaikan harta karun, cerdas, juga bijaksana.

3. Aariz
Anda mungkin berpikiran nama bayi laki laki Islam Arab tidak terlihat modern dan keren. Padahal nama bayi laki laki Islam modern yang satu ini tidak hanya terlihat keren dan unik, tetapi juga bermakna baik dan muncul dalam Alquran.

Berasal dari bahasa Arab, Aariz (عارض) merupakan nama bayi laki laki Islam modern dengan arti awan hujan. Harapannya, mereka yang memiliki nama ini akan menjadi sosok yang mengayomi dan ditunggu-tunggu kedatangannya oleh orang lain. Sama seperti halnya awan hujan yang kedatangannya selalu ditunggu oleh petani untuk menyuburkan tanah.

Kata yang juga muncul dalam surat Al-Ahqaf ayat 24 ini memiliki beberapa alternatif penulisan yang bisa Anda gunakan untuk si kecil. Di antaranya adalah Aarez, Aarizz, Ariz, Aarize, Aeridd, Aeriz, Aaredh, dan Aeridh. Bentuk penulisan seperti apa pun itu, selama masih memiliki akar kata yang sama, yaitu ain-r-dhad, maka maknanya pun masih sama.

4. Tsabit
Pemberian nama bayi laki laki Islam modern tentunya tidak hanya melihat dari bentuk penulisan dan maknanya yang indah. Tetapi jika nama tersebut ternyata digunakan oleh salah seorang sahabat Rasulullah SAW, tentunya menjadikan nama tersebut menjadi lebih menarik.

Salah satunya adalah nama Tsabit atau Sabit (ثَابِت). Dalam bahasa Arab, nama yang memiliki akar kata ts-b-t ini memiliki makna tetap di tempatnya, stabil, dan tidak tergoyakan. Bila digunakan untuk nama si kecil, tentunya diharapkan dia menjadi orang yang selalu stabil dan tidak tergoyahkan.

Kata yang juga muncul dalam Alquran surat Ibrahim ayat 24 dan 27 ini memiliki beberapa variasi penulisan yang bisa Anda gunakan. Contohnya adalah Tsabeet, Tsaabiyt, Sabit, Tsaabit, atau bahkan Asbat.

Sapaan ini bahkan merupakan nama dua sahabat Rasulullah SAW, yaitu Tsabit bin Qais dan Tsabit bin Abi Aasim. Keduanya termasuk dalam beberapa sahabat Rasulullah yang pertama kali masuk Islam.

5. Zahian
Sebagai orang tua, Anda pasti ingin memberikan sapaan yang memiliki makna bercahaya untuk putra Anda. Harapannya adalah agar si kecil akan selalu memberikan cahaya untuk sekitarnya. Dalam nama nama bayi laki laki Islam modern, ada satu sapaan yang memiliki makna penuh cahaya dan brilian.

Adalah Zahian (ضَحْيَان), nama yang secara tidak langsung disebutkan di dalam Alquran dan memiliki makna bercahaya atau brilian. Jika digunakan untuk nama si kecil, tentunya diharapkan ia akan menjadi seseorang yang selalu brilian dan menjadi cahaya penerang untuk lingkungannya.

Bahkan jika Anda ingin menggunakan penamaan yang lebih variatif, bisa coba menggunakan Zehyaan, Zahian, atau Zahiyan. Meskipun bentuk penulisannya sedikit berbeda, namun maknanya masih tetap sama.

6. Rashaun
Salah satu cara mencari nama bayi laki laki Islam modern adalah dari nama tokoh inspiratif muslim. Salah satunya adalah dari nama pemain NBA terkenal, Shaquille O’Neal.

Pria yang lebih banyak dikenal dengan panggilan Shaq ini memiliki nama lengkap Shaquille O’Neal. Meskipun kini ia sudah pensiun dan memilih berkarir sebagai analis olahraga di beberapa program televisi, tetapi ia pernah memiliki prestasi gemilang sebagai NBA All-Star sebanyak 15 kali.

Nama tengahnya sendiri, Rashaun, merupakan nama anak laki laki Islam gabungan dari dua sapaan yaitu Ray dan Shaun. Ketika digabungkan, Rashaun memiliki makna pahlawan kecil. Sapaan tersebut cocok sekali digunakan untuk si kecil, terutama jika Anda mengharapkan memiliki putra yang pemberani dan berjiwa ksatria layaknya pahlawan kecil.

7. Mehmet
Salah satu nama bayi laki laki Islam keren yang banyak digunakan adalah Muhammad, seperti halnya nama Rasulullah SAW. Namun, jika Anda ingin menggunakan variasi penulisan yang terlihat lebih modern, coba gunakan Mehmet.

Nama yang memiliki makna yang sama seperti halnya Muhammad, yaitu terpuji ini merupakan bentuk penulisan yang lebih banyak digunakan di Turki. Awalnya nama Muhammad diadopsi ke bentuk ejaan Turki, Mehemed, yang kemudian ketika diucapkan huruf vokal tengahnya melebur menjadi Mehmed.

Salah satu tokoh muslim yang memiliki nama ini adalah Dr. Mehmet Oz, seorang ahli bedah kardiotoraks terkemuka. Namanya mulai semakin dikenal orang setelah menjadi pembawa acara serial televisi kesehatan dan kebugaran di Amerika yang berjudul The Dr. Oz Show.

8. Jermaine
Ketika membaca sapaan ini, Anda mungkin mengira panggilan ini tidak cocok dimasukkan dalam nama nama bayi laki laki Islam modern. Sapaan yang merupakan variasi penulisan dari nama Germaine atau Germain ini memang aslinya berasal dari bahasa Perancis. Lebih jauh lagi, kata ini diturunkan dari bahasa Latin, Germanus yang memiliki arti saudara.

Nama ini mendapatkan kepopulerannya di Amerika Serikat sejak tahun 1970 berkat keberadaan Jermaine Jackson, salah seolah anggota grup penyanyi The Jackson 5. Sayangnya kepopuleran itu mulai menurun sejak tahun 1980-an. Namun, justru hal itu lah yang menjadikan nama bayi laki laki Islam modern ini menjadi unik.

Jermaine Jackson sendiri merupakan seorang mualaf yang mulai masuk Islam sejak perjalanan yang mengubah hidupnya ke Bahrain. Ia bahkan menyatakan dalam sebuah wawancara, bahwa seluruh penjaga keamanan keluarga besarnya adalah muslim. Karena ia percaya jika seorang muslim yang menjaga mereka, maka penjaga tersebut akan melakukan yang terbaik bukan karena siapa yang mereka jaga tapi karena Allah.

9. Faran
Meskipun panggilan ini terdengar feminin, namun Faran termasuk dalam nama nama bayi laki laki Islam modern. Berasal dari bahasa Inggris kuno, nama ini memiliki makna melakukan perjalanan. Sehingga apabila disematkan sebagai panggilan si kecil, menjadi sebuah harapan ia tumbuh menjadi seseorang yang banyak melakukan perjalanan dan mempelajari banyak hal baru.

Sapaan ini sendiri juga merupakan nama dari seorang aktor keturunan Pakistan-Amerika, Faran Tahir. Ia terkenal berkat perannya sebagai Raza dalam film Iron Man, Kapten Richard Robau dalam film Star Trek, Dewa Mesir Osiris dalam serial televisi Supernatural dan masih banyak lagi.

Ia tidak hanya seorang muslim dalam kehidupan nyata, tapi ia juga sering memerankan banyak karakter muslim dalam televisi ataupun film. Salah satu perannya yang paling terkenal adalah sebagai Isaac dalam serial televisi Grey’s Anatomy, seorang teknisi laboratorium yang memiliki tumor.

10. Aasif
Jika Anda ingin memiliki putra yang pemberani dan kuat, nama bayi laki laki Islam modern yang satu ini bisa Anda gunakan. Aasif (عاصف) merupakan nama yang juga muncul dalam Alquran surat Yunus ayat 22 dan memiliki makna kuat dan pemberani.

Sebagai variasi penamaan, Anda bahkan bisa menggunakan Asiyf, Aesef, Aesiph, Acef, atau Aseph. Meskipun penulisannya sedikit berbeda, namun maknanya masih tetap sama.

Salah satu tokoh muslim terkenal yang memiliki nama ini adalah Aasif Hakim Mandviwala, atau yang lebih sering dikenal sebagai Aasif Mandvi. Pria kelahiran Mumbai ini banyak muncul dalam film Hollywood ternama seperti halnya Spider-Man 2, Die Hard: With a Vengeance, dan The Internship.

11. Hafaza
Salah satu nama nama bayi laki laki Islam modern yang bisa Anda gunakan adalah dari nama Malaikat. Ada banyak malaikat yang memiliki tugas baik dan namanya bisa Anda gunakan sebagai penamaan si kecil.

Jika Anda menggunakan nama malaikat itu untuk si kecil, akan menjadikan harapan putra Anda memiliki sifat seperti halnya tugas malaikat tersebut. Salah satu contohnya adalah Malaikat Hafaza.

Hafaza merupakan malaikat pelindung bagi manusia, di mana disebutkan bahwa setiap insan memiliki empat malaikat Hafaza. Dua malaikat akan melindungi ketika siang hari sementara dua lainnya berjaga saat malam.

12. Artiya’il
Nama malaikat selanjutnya dalam nama nama bayi laki laki Islam modern yang bisa Anda gunakan adalah Artiya’il. Meskipun nama malaikat ini jarang didengar sebelumnya, tetapi ia memiliki tugas yang sangat mulia.

Malaikat yang namanya disebutkan dalam hadis ini dipercaya memiliki tugas untuk menghapuskan kesedihan dan kegelisahan dari manusia. Sehingga menggunakan nama ini untuk si kecil menjadikan sebuah harapan ia akan tumbuh menjadi sosok yang selalu membawa kebahagiaan dan keceriaan bagi sekitarnya.

Untuk alternatif penulisan, Anda bisa menggunakan Artiyail ataupun Arthiel. Penulisan seperti apapun yang Anda gunakan untuk si kecil, tetap saja menjadikan harapan ia tumbuh seperti halnya seorang malaikat yang pandai menghibur.

13. Darda’il
Satu lagi nama nama bayi laki laki islam pilihan dari nama malaikat yang bisa Anda gunakan sebagai penamaan untuk si kecil. Adalah Darda’il (دردائيل ) yang merupakan malaikat yang mencari orang yang berdoa, meminta, bertaubat, dan memohon ampun setiap malam.

Disebutkan dalam hadis, malaikat ini memiliki dua sayap, salah satunya berada di barat terbuat dari yaqut merah dan sayap lainnya berada di timur terbuat dari zamrud hijau yang ditaburi mutiara dan yaqut serta batu marjan. Kemudian diceritakan juga kepalanya berada di bawah ‘Arsy, sedang kedua telapak kakinya berada di bawah lapisan bumi ketujuh.

Pemberian nama bayi laki laki Islam modern ini memang terhitung unik dan jarang digunakan. Namun hal tersebut tidak menjadikan namanya tidak cocok digunakan untuk penamaan putra Anda. Terutama karena penyematan nama ini untuk si kecil akan terus mengingatkan untuk selalu berdoa dan memohon ampun pada Allah SWT.

14. Jibril
Anda tentunya sudah tahu siapa malaikat Jibril dan apa tugasnya. Namun tidak banyak yang mengetahui bahwa panggilan ini bisa digunakan sebagai nama nama bayi laki laki Islam modern.

Malaikat yang juga dikenal sebagai Roh Kudus ini memiliki tugas menyampaikan wahyu kepada Nabi dan Rasul. Sehingga apabila menggunakan Jibril (جِبْرِيل‎) untuk si kecil, akan menjadikan harapan ia akan tumbuh menjadi seorang yang bertanggung jawab karena harus menyampaikan tugas yang paling penting.

Untuk variasi penulisan, Anda bisa menggunakan Gabriel atau Gibril. Anda pun bisa dengan fleksibel meletakkan nama ini di awal, tengah, ataupun akhir rangkaian.

15. Arham
Nama nama bayi laki laki Islam modern yang akan dibahas terakhir adalah Arham. Malaikat Al-Arham (الأرحام) merupakan malaikat yang memiliki tugas meniupkan nyawa pada janin dan menuliskan jalan hidupnya.

Di sisi lain, sapaan yang memiliki akar kata r-h-m ini memiliki makna lain, yaitu welas asih, kelembutan, dan kasih sayang. Sehingga bila Anda menyematkan nama ini untuk si kecil, diharapkan ia akan tumbuh menjadi seseorang yang memiliki welas asih dan kelembutan.

Variasi penulisan untuk nama bayi laki laki Islam yang indah ini pun ada beberapa macam. Di antaranya adalah Rahim, Rahman, Ruwaihim, ataupun Rahayim.

Pemberian Nama Bayi Laki Laki Islam Modern yang Keren
Pemilihan nama bayi laki laki Islam modern untuk putra Anda memang tidak mudah. Terutama jika Anda ingin menyeimbangkan penamaan yang islami namun masih tetap terlihat modern dan keren.

Dengan pilihan nama nama bayi laki laki Islam di atas, apakah Anda sudah menemukan yang sesuai dengan keinginan Anda? Kalau masih belum, coba cek artikel lain yang ada di sini dan temukan nama yang tepat untuk si kecil! Karena nama yang tepat dengan makna yang baik pastinya akan menjadi doa bagi putra Anda seumur hidupnya.
Baca juga: nama-bayi-perempuan-islami-2-kata
Loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nama Bayi Islam Modern, Unik dan Keren Lengkap Artinya"

Post a Comment